+62 21 5595 4837 / 38

Mengurangi Terkikisnya Gigi Karena Bruxism

Mengurangi Terkikisnya Gigi Karena Bruxism

Bruxism atau menggesekan gigi tanpa sadar ditandai dengan pengasahan gigi atau gigi terkikis. Bruxism dapat terjadi pada kebanyakan orang, akan tetapi terkadang orang tersebut tidak menyadarinya. Kebiasaan ini sering terjadi selama tidur, bahkan tidur siang yang singkat juga dapat terjadi. Dalam kasus yang khusus, gigi taring dan gigi seri biasanya bergesekan secara lateral atau kesamping. Hal ini akan menyebabkan terkikisnya lapisan email gigi dan dapat menyebabkan ratanya tepi gigi.

Tanda-tanda yang dapat diketahui seorang terkena bruxism yaitu orang lain yang memperhatikan ketika kita sedang tertidur, keausan gigi pada gigi depan, suara kertak gigi ketika gigi digesekan, nyeri pada sendi rahang, dan sakit kepala. Para penderita terkadang tidak menyadari kebiasaan ini, dalam jangka waktu yang lama kebiasaan ini dapat mengakibatkan rasa sakit pada sendi rahang dan kepala.

Penyebab pasti dari bruxism sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Namun diduga berkaitan dengan faktor psikologis seperti kecemasan, stress, kemarahan yang terpendam, kelelahan, dan posisi tidur. Meskipun saat ini belum ada obat yang tersedia untuk penderita bruxism, akan tetapi ada alat untuk mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh kebiasaan tersebut.

Bruxism dapat diatasi dengan memakai night guard, yaitu pelindung gigi yang dipakai saat tidur. Memakai pelindung tersebut dapat mencegah bertambahnya keausan pada gigi. Night guard dibuat sesuai dengan bentuk gigi pasien dengan bahan akrilik. Pemasangan night guard digunakan sebagai pengobatan jangka panjang.

Nyeri yang diakibatkan bruxism dapat diatasi dengan melakukan relaksasi dan pemijatan otot wajah dan rahang, mengkompres pada rahang yang bengkak juga bias untuk mengurangi nyeri di bagian tersebut.

Kerusakan gigi yang terlanjur terjadi akibat bruxism dapat diperbaiki dengan mengganti mahkota gigi dengan sebuah mahkota buatan. Bahannya pun bervariasi, mahkota porcelain fuse metal dapat digunakan pada gigi anterior (depan) dan posterior (belakang) bisa menggunakan bahan emas. Untuk melindungi mahkota buatan ini dilakukan pembuatan sebuat alat occlusional guard yang dipakai pada malam hari.

Kirim Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keahlian

Diposting pada

September 16, 2015

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled.