+62 21 5595 4837 / 38

Perlunya Perawatan Gigi Susu Anak

Perlunya Perawatan Gigi Susu Anak

Gigi susu yang tanggal terlalu dini akan mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen. Gigi yang sudah tanggal sebelum saatnya dan benih gigi permanennya belum siap untuk tumbuh, sehingga gigi permanen kehilangan panduan. Itulah salah satu sebabnya pada sebagian orang ada yang giginya berjejal, tumpang tindih, atau keluar dari lengkung rahang.

Susunan gigi susu pada anak kecil.

Seorang anak membutuhkan gigi yang kuat dan sehat, tidak saja penting untuk mengunyah makanan tapi juga untuk pengucapan kata-kata. Gigi susu yang rusak karena karies menyebabkan anak sedikit kesulitan mengunyah, atau bahkan malas makan sehingga akhirnya mempengaruhi status gizinya. Orang tua sangat perlu menyadari hal ini karena kebanyakan orang tua berpikir bahwa jika terjadi karies pada gigi susu tidak perlu ditambal karena toh nantinya akan digantikan oleh gigi permanennya. Padahal infeksi dari gigi susu yang karies dapat merusak gigi permanen yang sedang tumbuh di bawah akar gigi susu.

Karies yang terjadi pada gigi susu anak paling banyak disebabkan oleh penggunaan botol yang berisi susu atau minuman manis yang diberikan untuk pengantar tidur. Oleh karena itu air susu yang tergenang di permukaan gigi anak tetap menempel saat anak tidur dan menjadi makanan bagi bakteri di dalam mulut, sehingga terjadilah karies.

Orang tua sangat berperan

Peran Anda sebagai orang tua sangat penting dalam membantu mengurangi resiko terjadinya karies pada gigi susu anak. Jangan biasakan bayi atau balita tertidur sambil minum susu atau minum minuman manis dengan botol. Bila anak meminta susu menggunakan botol sebelum tidur, bujuk dan biasakan untuk minum air putih sesudah ia minum susu. Atau bila anak sulit dibujuk, ibunyalah yang harus membersihkan gigi dan gusinya dengan kain bersih atau kasa yang basah saat ia tidur setelah minum susu botol.

Keahlian

Diposting pada

Februari 23, 2016

This is a demo store for testing purposes — no orders shall be fulfilled.